Tuesday, 29 March 2016

Contoh Soal Teknologi Informasi dan Komunikasi TIK SMA Semester Gazal Kelas XII



Logo askPEMERINTAH KABUPATEN OGAN ILIR
DINAS PENDIDIKAN

SMA NEGERI 3 TANJUNG RAJA

Alamat : Jl. Lintas Timur Ds.Ulak Kerbau Baru Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten  Ogan Ilir 30661

 


Ujian Semester Ganjil
Tahun Pelajaran 2015 / 2016

                Mata Pelajaran                        : Tikom                                                    Hari/Tanggal           : Senin, 14 Desember 2015
                Kelas / Prodi                            : XII (Dua Belas)/IPA-IPS                        Pukul                       :  09.30 – 11.00 Wib


1.     Dibawah ini adalah program desain grafis, kecuali .....
a.      Coreldraw 
b.      Photoshop            
c.      Pagemaker
d.      Moviemaker
e.      Photoeditor
2.     Ciri khusus dari desain bitmap adalah ....
a.      Jika diperbesar tidak pecah
b.      Jika diperbesar berubah secara kontinu
c.      Terdiri dari garis vektor pada sumbu X dan Y
d.      Terdiri dari warna-warna pixel yang sangat banyak
e.      Menu-menunya dapat dioperasikan dengan mudah
3.     Sebuah gambar diperbesar beberapa kali ternyata gambarnya tetap kontinu baik warna maupun bentuknya, gambar tersebut termasuk ....
a.     Desain berbasis vektor
b.    Desain berbasis skalar
c.     Desain berbasis bitmap
d.    Desain berbasis pixel
e.     Desain berbasis color
4.     Berikut ini yang bukan format gambar bitmap adalah ….
a.     GIF
b.    TIFF
c.     BMP
d.    JPG
e.     HPGL
5.     Ekstensi file yang diolah menggunakan pengolah grafis vector yaitu ….
a.     GIF
b.    BMP
c.     JPG
d.    TIFF
e.     HPGL
6.     Area atau daerah di luar halaman gambar yang dibatasi scroll bar, ikon, dan toolbar adalah ….
a.       Menu bar
b.      Property bar
c.       Scrollbar
d.      Drawing window
e.       Drawing page
7.     Area yang menampakkan judul gambar yang saat ini dibuka adalah ….
a.       Title bar
b.      Toolbar
c.       Menu bar
d.      Propertybar
e.       Toolbox

8.     Bagian yang berisi contoh warna yang dapat digunakan adalah ….
a.       Ruler
b.      Docker
c.       Color pallete
d.      Navigator
e.       scrollbar
9.     Alat untuk membuat garis atau bagian dari sebuah curva adalah ….
a.       Freehand tool
b.      Bezier tool
c.       Pen tool
d.      Polyline tool
e.       Dimension tool
10.  Untuk menjalankan coreldraw, perintah pertama kali yang dilakukan setelah tampilan dekstop siap adalah ....
a.     Klik turn on             d. Klik program
b.    Klik turn off             e. Klik coreldraw
c.     Klik start
11.  Langkah kedua yang dilakukan pada saat menjalankan coreldraw melalui shortcut adalah ....
a.     Klik ganda shortcut coreldraw X4
b.    Klik start
c.     Klik ganda new blank document
d.    Klik ganda corel
e.     Klik coreldraw X4
12.  Untuk membuka dokumen yang baru membutuhkan ....
a.     Menu file                 d. Menu layout
b.    Menu edit                e. Menu text
c.     Menu view
13.  Tujuan dari shaping adalah ....
a.     Menggandakan objek
b.    Mengombinasikan ojek
c.     Menghapus objek
d.    Mengubah objek
e.     Memperbarui objek
14.  Rectangle, polygon, freehand, pick tool dan shapes tool dapat dilihat pada bagian ....
a.     Tool bar                  d. Shape tool
b.    Tool box                 e. Pick tool
c.     Menu tools

15.  Untuk menggabungkan objek ke dalam teks atau sebaliknya membutuhkan ....
a.     Creative
b.    Camera
c.     Fit text to path
d.    Fit text to frame
e.     Writing tools
16.  Tampilan di sebelah kanan pada coreldraw disebut ....
a.     Taskpane
b.    Docker
c.     Shaping
d.    Tools menu
e.     Menu editing
17.  Untuk menampilkan docker diperlukan menu ....
a.     Text
b.    Tools
c.     Windows
d.    Help
e.     Effects
18.  Flyout adalah bagian dari ....
a.     Menu
b.    Toolbox
c.     Tool standar
d.    Shape tools
e.     docker
19.  Apabila tombol ALT ditekan bersama-sama dengan ditekan bersama-sama dengan tombol E, maka akan terlihat submenu dari menu ....
a.     Layout
b.    File
c.     Effect
d.    View
e.     Edit
20.  Sub menu berikut yang bukan merupakan bagian dari menu effect adalah ....
a.     Adjust                     d. Envelope
b.    Transform               e. Open
c.     Blend

21.  Fill tool digunakan untuk ....
a.     Membuat bentuk artistik suatu objek
b.    Mengatur warna suatu objek
c.     Untuk membuat kertas
d.    Untuk membuat lingkaran
22.  Untuk membuat bintangCara yang paling efektif untuk membuat objek adalah menggunakan ….
a.     Menu standar          d. Palettes
b.    Tool menu               e. Menu cascading
c.     Toolbox

23.  Gambar ikon                      adalah ….
a.     Ruler tool                d. Object tool
b.    Freehand tool          e. Bezier tool
c.     Pen tool
24.  Letak standar toolbox berada di ….
a.     Sebelah atas menu
b.    Sebelah kiri lembar kerja
c.     Sebelah bawah menu
d.    Sebelah kanan lembar kerja
e.     Sebelah bawah lembar kerja
25.  Untuk membuat garis lebih dari satu ….
a.     Freehand tool
b.    Curve 3 point
c.     Bezier tool
d.    3 point tool
e.     Shapes tool
26.  Perhatikan gambar dibawah ini

a.     3 point curve
b.    Rectangle
c.     3 point ellipse tool
d.    2 point point curve tool
e.     Ellipse tool
27.  Untuk membuat lingkaran dengan jari-jari sama dapat dilakukan dengan menggunakan ….
a.     Ellipse                    d. Ctrl + circle
b.    Circle                      e. Ellipse + circle
c.     Ctrl + ellipse
28.                         Gambar flyout ini adalah ….

a.     Shape tool              d. Hand tool
b.    Freehand tool          e. Eraser
c.     Zoom tool
29.  Berikut ini adalah beberapa macam objek :
1.       Empat persegi panjang
2.       Bintang
3.       Bujur sangkar
4.       Segi empat
Objek di atas yang cocok dibuat dengan menggunakan rectangle tool adalah objek nomor ….
a.       1 dan 2
b.      1 dan 3
c.       2 dan 3
d.      2 dan 4
e.       3 dan 4
30.  Dari sebuah lingkaran yang terpilih kemudian tekan tombol ctrl + Q, diklik shape tool dan tarik kebawah ke arah luar lingkaran, maka hasilnya berupa …..
a.       Garis
b.      Segi tiga
c.       Segi banyak
d.      Bintang
e.       Garis bebas
31.  Istilah Gradient, Fountain, texture, pattern, ditemukan pada saat hendak …. Suatu objek.
a.       Memperbesar
b.      Merubah bentuk
c.       Member warna
d.      Membuat objek
e.       Memberi garis luar
32.  Untuk menampilkan modus putar objek caranya ….
a.       Klik 2 kali ditengah objek
b.      Klik di pinggir objek
c.       Klik di bagian atas objek
d.      Klik di bagian bawah objek
e.       Klik di sembarang tempat
33.  Menghapus suatu node pada segmen dapat dilakukan menggunakan ….
a.     Delete node
b.    Add note
c.     Join two nodes
d.    Make a node a cups
e.     Make node symmetrical
34.  Untuk mengubah posisi objek menggunakan menu ….
a.     File                         d. Effects
b.    Arrange                   e. Bitmaps
c.     Edit
35.  Penggabungan objek menjadi satu kedsatuan dapat dilakukan dengan ….
a.     Ungroup                 d. Union apart
b.    Group                     e. Union group
c.     Break apart
36.  Objek yang sudah disatukan dapat dipecahkan menggunakan ….
a.     Ungroup
b.    Group
c.     Break apart
d.    Union apart
e.     Break curva apart
37.  Untuk menggeser objek ke belakang sebanyak 1 objek menggunakan perintah ….
a.     To front                  d. Back one
b.    To back                  e. Behind one
c.     Forward one
38.  Agar objek yang aktif menjadi paling belakang menggunakan ….
a.     To front                  d. Back one
b.    To back                  e. Behind one
c.     Forward one
39.  Untuk menggabungkan dua buah objek menjadi satu kesatuan membutuhkan menu ….
a.     Window                  d. Tool
b.    File                         e. Arrange
c.     Edit
40.  Menggabungkan objek menggunakan Weld, artinya ….
a.     Membuat objek satu kesatuan warna-warna yang cocok
b.    Membuat objek bervariasi warna-warni
c.     Memberikan siswa objek
d.    Menyingkirkan objek
e.     memBreak Apart objek

No comments:

Post a Comment