KISI KISI SOAL
Jenis Sekolah : SMA Negeri 3 Tanjung Raja Alokasi
waktu : Menit.
Mata
Pelajaran : Kimia Jumlah soal 20 soal PG, 5 soal essay
Kurikulum : KTSP Bentuk
soal : Pilihan ganda - ess
Ulangan :
Ujian Akhir Semester Diujikan
tanggal :
No
|
Kompetensi Dasar
|
Bahan kelas/ sem
|
Materi
|
Nomor soal
|
1
2.
3.
4.
5.
|
Mendeskripsikan teori-teori asam basa
dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.
Menentukan jenis garam
yang mengalami hidrolisis dalam air dan pH larutan garam tersebut.
Mendeskripsikan sifat larutan penyangga dan
peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup
Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu
reaksi berdasarkan prinsip kelarutan
dan hasil kali kelarutan.
. Mengelompokkan
sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
XI/2
|
§ Teori Asam
Basa
§ : Hidrolisis
garam
§ Sifat garam
yang terhidrolisis
§ Larutan
penyangga
Kelarutan
dan Hasil Kali Kelarutan
§ Sistem
koloid
§ Sifat koloid
|
1,2,4,5,6,8,9,11,13,14
5 ( essay )
3,12
4 ( essay )
7,10,15
3 ( essay )
16,17,18,19,20
2 (essay
)
21,22,23,24,25
1 ( essay )
|
|
|
|
|
|
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
Nama Sekolah :
SMA Negeri 3 Tanjung Raja
Tahun Pelajaran :
2014/2015
Mata Pelajaran :
Kimia
Kelas/Semester :
XI/ genap
STANDAR KOMPETENSI
Memahami
sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.
|
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
|
NO SOAL : 1
|
|
KUNCI JAWABAN : B
|
|
KOMPETENSI DASAR:
Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan
menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.
|
RUMUSAN SOAL
1.
Diantara pernyataan berikut
yang kurang tepat tentang asam adalah :
A.
Mempunyai rasa masam
B.
Tergolong elektrolit.
C.
Korosif
D.
Dapat menetralkan basa
E.
Mempunyai pH < 7
|
§ MATERI : Teori Asam Basa
|
|
INDIKATOR SOAL
Siswa dapat memilih
pernyataan yang bersifat asam
|
STANDAR KOMPETENSI
Memahami
sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.
|
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
|
NO SOAL : 2
|
|
KUNCI JAWABAN : C
|
|
KOMPETENSI DASAR:
Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan
menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.
|
RUMUSAN SOAL
2.
Lakmus biru akan menjadi
merah apabila di celupkan dalam larutan ….
A. NaOH D. K2SO4
B. Ba(NO3)2 E. CaCl2
C. (NH4)2SO4
|
§ MATERI : Sifat larutan asam dan basa.
|
|
INDIKATOR SOAL
Siswa dapat menentukan larutan yang bersifat asam.
|
|
STANDAR KOMPETENSI
Memahami
sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.
|
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
|
NO SOAL : 3
|
|
KUNCI JAWABAN : C
|
|
KOMPETENSI DASAR:
Menentukan jenis garam yang mengalami
hidrolisis dalam air dan pH larutan garam tersebut.
|
RUMUSAN SOAL
. 3. Garam berikut yang mengalami Hidrolisis sebagian dan besifat asam adalah :
A. (NH4)2CO3
D. Na2SO4
B. CH3COOH E. (CH3COO)Ca
C. (NH4)2SO4
|
§ MATERI : Hidrolisis garam
§ Sifat garam yang terhidrolisis
|
|
INDIKATOR SOAL
|
|
Siswa dapat memilih garam yang dapat mengalami
hidrolisis dan bersifat asam.
|
STANDAR KOMPETENSI
Memahami
sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.
|
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
|
NO SOAL : 4
|
|
KUNCI JAWABAN : A
|
|
KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat
larutan dan menghitung pH larutan.
|
Jika 10 ml larutan NaOH 0,1 M diencerkan sampai volume 1000 ml,
maka pH larutan yang terjadi adalah..
A. Turun 2
B. Naik 2
C. Turun 1
D. Naik 1
E. Tetap
|
§ MATERI : Derajat Keasaman
(pH)
|
|
INDIKATOR
Siswa dapat menghitung pH larutan dengan pengenceran.
|
STANDAR KOMPETENSI
Memahami
sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.
|
SUMBER ; Kimia XI DIKNAS SUMSEL
|
NO SOAL : 5
|
|
KUNCI JAWABAN : A
|
|
KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat
larutan dan menghitung pH larutan
|
Besarnya pH larutan 0,74 gram Ca(OH)2( Ar Ca = 40, O =
16 dan H = 1) dalam 500 ml larutan adalah …
A. 2- log 4 D. 12 – log 4
B. 2 + log 4 E.12 + log 4
C. 11 + log 4
|
§ MATERI : Derajat Keasaman (pH)
|
|
INDIKATOR
Siswa dapat menghitung pH larutan basa kuat.
|
STANDAR KOMPETENSI
Memahami
sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.
|
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
|
NO SOAL : 6
|
|
KUNCI JAWABAN : A
|
|
KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan teori-teori asam basa
dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan
|
pH larutan asam etanoat 0,3 M (Ka = 2x10-5) adalah …
A. 3 – log 2 D. 2 – log 2
B. 1 – log 2 E. 5 – log 2
C. 4 – log 4
|
MATERI :
§ Derajat ionisasi dan tetapan asam dan tetapan basa
|
|
INDIKATOR
Siswa dapat menghitung pH larutan asam lemah.
|
STANDAR KOMPETENSI
Memahami
sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.
|
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
|
NO SOAL : 7
|
|
KUNCI JAWABAN : D
|
|
KOMPETENSI DASAR
4.1 Mendeskripsikan teori-teori asam
basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.
|
. Jika tetapan asam lemah CH3COOH =10-5,
maka pH larutan CH3COONa 0,01 M adalah ;
A. 7,0 C. 8,0 E. 9,0
B. 7,5 D. 8,5
|
MATERI :
§ Derajat ionisasi dan tetapan asam dan tetapan basa
|
|
|
|
INDIKATOR
Siswa dapat menghitung pH larutan asam lemah.
|
STANDAR KOMPETENSI
Memahami
sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.
|
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
|
NO SOAL : 8
|
|
KUNCI JAWABAN : C
|
|
KOMPETENSI DASAR
.1 Mendeskripsikan teori-teori asam basa
4dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.
|
. Larutan 0,I M dibawah ini
mempunyai
pH paling tinggi adalah…..
A. NaCl D. CH3COOH
B. K2SO4 E. NH4NO3
C. CH3COONa
|
§ MATERI :
§ Derajat Keasaman (pH)
|
|
INDIKATOR
Siswa dapat menghitung suatu larutan yang paling
tinggi.
|
STANDAR KOMPETENSI
Memahami
sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.
|
SUMBER :
|
NO SOAL : 9
|
|
KUNCI JAWABAN : C
|
|
KOMPETENSI DASAR
4.1 Mendeskripsikan teori-teori asam
basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.
|
. Pada reaksi HCl + H2O → H3O+ + Cl- , pasangan yang merupakan asam adalah ..
A. HCl
dan Cl - D. H3O+
dan Cl-
B. HCl dan H3O+ E. H2O dan Cl-
C. H2O dan H3O+
|
§ MATERI Teori Asam Basa
|
|
INDIKATOR
Siswa dapat menentukan pasangan asam basa menurut
Brnsted-Lowry.
|
STANDAR KOMPETENSI
Memahami
sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.
|
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
|
NO SOAL : 10
|
|
KUNCI JAWABAN : A
|
|
KOMPETENSI DASAR
4.4 Menentukan jenis garam yang
mengalami hidrolisis dalam air dan pH larutan garam tersebut. 4.4 Menentukan
jenis garam yang mengalami hidrolisis dalam air dan pH larutan garam
tersebut.
|
. Jika Kb NH4OH
= 10-5, maka larutan garam NH4Cl 0,1 M mempunyai pH….
A. 5 D. 8
B. 6 E. 9
C. 7
|
§ MATERI: pH larutan
garam yang terhidrolisis
|
|
INDIKATOR
Siswa dapat menghitung garam.
|
STANDAR KOMPETENSI
Memahami
sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya
|
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
|
NO SOAL : 11
|
|
KUNCI JAWABAN : A
|
|
KOMPETENSI DASAR
4.1.
Mendeskripsikan
teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH
larutan4.1 Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat
larutan dan menghitung pH larutan
|
Menurut teori Asam basa Bronsted-Lowry, H2O akan
bersifat…
A. Asam terhadap NH3
B. Asam terhadap HCl
C. Asam terhadap CH3COOH
D. Basa terhadap NH3
E. Asam terhadap H2S
|
§ MATERI Teori Asam Basa
|
|
INDIKATOR
Siswa dapat menentukan teori dari Asam basa
Bronsted-Lowry.
|
STANDAR KOMPETENSI
STANDAR KOMPETENSI
Memahami
sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya
.
|
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
|
NO SOAL : 12
|
|
KUNCI JAWABAN : E
|
|
KOMPETENSI DASAR
4.4 Menentukan jenis garam yang
mengalami hidrolisis dalam air dan pH larutan garam tersebut
|
Hidrolisis tidak terjadi pada larutan.
A. CH3COONa D. (NH4)2SO4
B. NH4Cl E. K2SO4
C. CH3COONH4
|
§ Sifat garam yang terhidrolisis
|
|
INDIKATOR
Siswa dapat menentukan suatu senyawa yang tidak
dapat terhidrolisis.
|
STANDAR KOMPETENSI
Memahami
sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.
|
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
|
NO SOAL : 13
|
|
KUNCI JAWABAN : A
|
|
KOMPETENSI DASAR
.1 Mendeskripsikan teori-teori asam basa
4dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.
|
Konsentrasi ion Hidrogen dalam
larutan yang pH nya
= 3 – log 2 adalah
A.
2 x 10-3 D. 0,0001 M
B.
2 x 10-2 E. 0,003 M
C.
3 x 10-3
|
MATERI :
§ Derajat Keasaman (pH)
|
|
INDIKATOR
Siswa dapat mengitung pH dari [ H+]
|
STANDAR KOMPETENS
. Memahami sifat-sifat larutan
asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya
|
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
|
NO SOAL : 14
|
|
KUNCI JAWABAN : C
|
|
KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan teori-teori asam basa
dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan
|
. Jika pH larutan 0,01 M suatu
asam le
mah HA adalah 3,5, maka Ka adalah
A.
2 x 10-3
B.
1 x 10-3 D. 1 x 10-8
C.
1 x 10-5 E. 1 x 10-7
|
MATERI
§ Derajat ionisasi dan tetapan asam dan tetapan basa
|
|
INDIKATOR
Siswa dapat menghitung harga Ka suatu asam lemah.
|
STANDAR KOMPETENS
. Memahami sifat-sifat larutan
asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya
|
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
|
NO SOAL : 15
|
|
KUNCI JAWABAN : E
|
|
KOMPETENSI DASAR
4.3 Mendeskripsikan sifat larutan
penyangga dan peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup
|
Pernyataan berikut yang tidak
benar
mengenai larutan penyangga ….
A.
Memiliki pH yang konstan
B.
pH nya tidak berubah
C.
pH nya tidak dipengaruhi oleh
pengenceran.
D.
pH selalu = pKa dan pKw
E.
pH tidak dipengaruhi oleh CO2
di udara.
|
MATERI
§ Larutan penyangga
|
|
INDIKATOR
Siswa dapat menentukan pernyataan yang benar tentang
larutan penyangga.
|
STANDAR KOMPETENS
Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode
pengukuran, dan terapannya
|
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
|
NO SOAL : 16
|
|
KUNCI JAWABAN : C
|
|
KOMPETENSI DASAR
4.6 Memprediksi terbentuknya endapan
dari suatu reaksi berdasarkan prinsip
kelarutan dan hasil kali kelarutan.
|
Diketahui :
Ksp AgCN =
1,2 x 10-16 mol/l
Ksp
Mg(OH)2 = 1,2 x 10-12 mol/l
Ksp AgIO3 =
4 x 10-12 mol/l
Ksp Mn(OH)2 = 1,9 x 10-13 mol/l
Ksp AgBr =
5 x 10-13 mol/l
Dari data diatas, senyawa yang paling
benar kelarutannya dalam air adalah..
A.
AgCN D. Mn(OH)2
B.
Mg(OH)2 E. AgBr
C.
AgIO3
|
MATERI
Kelarutan dan Hasil Kali Kelaruta
|
|
INDIKATOR
Siswadapat menentukan senyawa yang paling besar kelarutannya.
|
STANDAR KOMPETENSI
Memahami
sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya
|
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
|
NO SOAL : 17
|
|
KUNCI JAWABAN : C
|
|
KOMPETENSI DASAR
4.6 Memprediksi terbentuknya endapan
dari suatu reaksi berdasarkan prinsip
kelarutan dan hasil kali kelarutan.
|
. Jika konsentrasi Ca2+
dalam larutan
Jenuh CaF2 = 2 x 10-4
mol/l, maka
Hasil kali kelarutan CaF2
adalah..
A.
8,0 x 10-8
B.
3,2 x 10-11
C.
1,6 x 10-11
D.
2,0 x 10-12
E.
4,0 x 10-12
|
MATERI
Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan
|
|
INDIKATOR SOAL
Siswa dapat menghitng Ksp
|
STANDAR KOMPETENSI
Memahami sifat-sifat
larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya
|
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
|
NO SOAL : 18
|
|
KUNCI JAWABAN : E
|
|
KOMPETENSI DASAR
4.6 Memprediksi terbentuknya endapan
dari suatu reaksi berdasarkan prinsip
kelarutan dan hasil kali kelarutan.
|
Jika kelarutan CaF2
dalam air = s mol/l, maka nilai Ksp garam ini
A.
¼ s3 D. 2 s3
B.
½ s3 E . 4 s3
C.
s3
|
MATERI
Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan
|
|
INDIKATOR SOAL
Siswa dapat menghitng Ksp
|
STANDAR KOMPETENSI
Memahami
sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya
|
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL Kimia XI DIKNAS
SUMSEL
|
NO SOAL : 19
|
|
KUNCI JAWABAN : A
|
|
KOMPETENSI DASAR
4.6 Memprediksi terbentuknya endapan
dari suatu reaksi berdasarkan prinsip kelarutan
dan hasil kali kelarutan.
|
.Kelarutan Ag3PO4
dalam air adalah a mol/l, hasil kali kelarutan
adalah..
A.
27 a4 D. 9 a3
B.
3 a3 E. 32 a3
C.
a4
|
MATERI
Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan
|
|
INDIKATOR SOAL
Siswa dapat menghitng Ksp
|
STANDAR KOMPETENSI
Memahami
sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya
|
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
|
NO SOAL : 20
|
|
KUNCI JAWABAN : A
|
|
KOMPETENSI DASAR
4.6 Memprediksi terbentuknya endapan
dari suatu reaksi berdasarkan prinsip kelarutan
dan hasil kali kelarutan.
|
. Larutan jenuh senyawa
hidrosida
M(OH)3 mempunyai pH=9,0
harga Ksp senyawa ini adalah
A.
3,3 x 10-21 D. 3,0 x 10-36
B.
3,0 x 10-20 E. 3,3 x 10-37
C.
1,0 x 10-10
|
MATERI
Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan
|
|
Indikator
Siswa dapat menghitng Ksp
|
STANDAR KOMPETENSI
5. Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
|
NO SOAL : 21
|
|
KUNCI JAWABAN : D
|
|
KOMPETENSI DASAR
5.2. Mengelompokkan sifat-sifat koloid
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
. Hal hal berikut merupakan ciri-ciri
sis
tem koloid, kecuali…
A.
Tidak dapat disaring
B.
Stabil ( tidak memisah )
C.
Terdiri dari 2 fase
D.
Homogen
E.
Menghamburkan cahaya
|
MATERI :
§ Sistem koloid
|
|
INDIKATOR
Siswa dapat memilih
ciri system koloid.
|
STANDAR KOMPETENSI
5. Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
|
NO SOAL : 22
|
|
KUNCI JAWABAN : .B Yang bukan merupakan system koloid
A. Lateks D. Agar-agar
B. Air sadah E. Buih sabun
C.
Asap
|
STANDAR KOMPETENSI
5. Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL Kimia XI DIKNAS
SUMSEL
|
NO SOAL : 23
|
|
KUNCI JAWABAN : D
|
|
KOMPETENSI DASAR
5.2.
Mengelompokkan sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
Dispersi zat cair atau zat padat
dalam
gas disebut ….
A.
Sol D. Aerosol
B.
Emulsi E. Suspensi
C.
Buih
|
MATERI
§ Sifat koloid
|
|
INDIKATOR SOAL
Siswa dapat
memilih system koloid
|
STANDAR KOMPETENSI
5. Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
|
NO SOAL : 24
|
|
KUNCI JAWABAN : D
|
|
KOMPETENSI DASAR
5.2. Mengelompokkan
sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Buih dalam system dispersi
terjadi pa
da keadaan ……
A.
Zat padat terdispersi dalam zat
cair
B.
Zat cair terdispersi dalam
gas
C.
Gas terdispersi dalam zat
padat
D.
Gas terdispersi dalam zat
cair
E.
Zat cair terdispersi dalam
zat cair
|
MATERI
§ Sifat koloid
|
|
INDIKATOR SOAL
Siswa dapat
memilih system koloid
|
STANDAR KOMPETENSI
5. Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL Kimia XI DIKNAS
SUMSEL
|
NO SOAL : 25
|
|
KUNCI JAWABAN : C
|
|
KOMPETENSI DASAR
5.2.
Mengelompokkan sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
Mutiara adalah system koloid …
A. Padat dalam gas D. Gas dalam cair
B Cair dalam gas E. Gas dalam padat
C. Cair dalam padat.
|
MATERI
§ Sifat koloid
|
|
INDIKATOR SOAL
|
Siswa dapat
memilih system koloid pada mutiara.
|
Mengetahui
Tanjung Raja, Mei
2015
Kepala SMAN 3 Tg Raja
Guru Mata Pelajaran
Drs Thohir Hamidi,M.Si
Hj. Fadilah.M.Zen, S.Pd
Pembina
NIP 195709241982032007
NIP 196510291995121001
No comments:
Post a Comment