Friday, 12 February 2016

Kisi-kisi dan Kartu Soal Kimia Kelas XI. IPA Semester Genap



KISI KISI SOAL


Jenis  Sekolah    :  SMA Negeri 3 Tanjung Raja            Alokasi waktu   :            Menit.                               
Mata Pelajaran  : Kimia                                               Jumlah soal         20 soal PG, 5 soal essay
Kurikulum           : KTSP                                            Bentuk soal                : Pilihan ganda - ess        
Ulangan               :  Ujian Akhir Semester                              Diujikan tanggal :                             

 
No
Kompetensi Dasar
Bahan kelas/ sem
Materi
Nomor soal
1


2.    


3.



4.


5.
Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.

Menentukan jenis garam yang mengalami hidrolisis dalam air dan pH larutan garam tersebut.

 Mendeskripsikan sifat larutan penyangga dan peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup


 Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip  kelarutan dan hasil kali kelarutan.

. Mengelompokkan sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
XI/2


§  Teori Asam Basa


§ : Hidrolisis garam                                                                       
§ Sifat garam yang terhidrolisis


§ Larutan penyangga



Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan



§ Sistem koloid
§ Sifat koloid




1,2,4,5,6,8,9,11,13,14
5 ( essay )

3,12
4 ( essay )


7,10,15
3 ( essay )

16,17,18,19,20
2  (essay  )


21,22,23,24,25
1 ( essay )








KARTU SOAL PILIHAN GANDA
Nama Sekolah                 : SMA Negeri 3 Tanjung Raja
Tahun Pelajaran               : 2014/2015
Mata Pelajaran                 : Kimia
Kelas/Semester                : XI/ genap


STANDAR KOMPETENSI

Memahami  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.

 


SUMBER :  Kimia XI DIKNAS SUMSEL
NO SOAL : 1
KUNCI JAWABAN : B
KOMPETENSI DASAR:
 Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.

RUMUSAN SOAL
1.         Diantara pernyataan berikut yang kurang tepat tentang asam adalah :
A.      Mempunyai rasa masam
B.      Tergolong elektrolit.
C.      Korosif
D.      Dapat menetralkan basa
E.       Mempunyai pH < 7


§ MATERI : Teori Asam Basa

INDIKATOR SOAL
Siswa dapat memilih  pernyataan yang bersifat asam

STANDAR KOMPETENSI

 

Memahami  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.

 


SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
NO SOAL : 2
KUNCI JAWABAN : C
KOMPETENSI DASAR:
 Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.

RUMUSAN SOAL
2.         Lakmus biru akan menjadi merah apabila di celupkan dalam larutan ….
A. NaOH              D. K2SO4
B. Ba(NO3)2         E. CaCl2
C. (NH4)2SO4

§ MATERI : Sifat larutan asam dan basa.

INDIKATOR SOAL
Siswa dapat menentukan larutan yang bersifat asam.

STANDAR KOMPETENSI

 

Memahami  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.

 


SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
NO SOAL : 3
KUNCI JAWABAN : C
KOMPETENSI DASAR:
 Menentukan jenis garam yang mengalami hidrolisis dalam air dan pH larutan garam tersebut.
RUMUSAN SOAL
. 3. Garam berikut yang mengalami Hidrolisis sebagian dan besifat asam  adalah :
      A. (NH4)2CO3       D. Na2SO4
      B. CH3COOH        E. (CH3COO)Ca
      C. (NH4)2SO4

§ MATERI : Hidrolisis garam
§ Sifat garam yang terhidrolisis


INDIKATOR SOAL

Siswa dapat memilih garam yang dapat mengalami hidrolisis dan bersifat asam.

STANDAR KOMPETENSI
Memahami  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.

SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
NO SOAL : 4
KUNCI JAWABAN : A
KOMPETENSI DASAR
     Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.

Jika 10 ml larutan NaOH 0,1 M diencerkan sampai volume 1000 ml, maka pH larutan yang terjadi adalah..
         A. Turun 2        
         B. Naik 2
         C. Turun 1
         D. Naik 1
         E. Tetap

§ MATERI :  Derajat Keasaman (pH)

INDIKATOR
Siswa dapat menghitung pH larutan  dengan pengenceran.


STANDAR KOMPETENSI
Memahami  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.

SUMBER ; Kimia XI DIKNAS SUMSEL
NO SOAL : 5
KUNCI JAWABAN : A
KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan
Besarnya pH larutan 0,74 gram Ca(OH)2( Ar Ca = 40, O = 16 dan H = 1) dalam 500 ml larutan adalah …
      A. 2- log 4           D. 12 – log 4          
      B. 2 + log 4          E.12 + log 4
      C. 11 + log 4

§ MATERI : Derajat Keasaman (pH)

INDIKATOR
Siswa dapat menghitung pH larutan basa kuat.


STANDAR KOMPETENSI
Memahami  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.

SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
NO SOAL : 6
KUNCI JAWABAN : A
KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan
pH larutan asam etanoat 0,3 M (Ka = 2x10-5) adalah …
      A. 3 – log 2          D. 2 – log 2 
      B. 1 – log 2          E. 5 – log 2
      C. 4 – log 4


MATERI :
§ Derajat ionisasi dan tetapan asam dan tetapan basa

INDIKATOR
Siswa dapat menghitung pH larutan asam lemah.


STANDAR KOMPETENSI
Memahami  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.

SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
NO SOAL : 7
KUNCI JAWABAN : D
KOMPETENSI DASAR
4.1 Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.

. Jika tetapan asam lemah CH3COOH =10-5, maka pH larutan CH3COONa 0,01 M adalah ;
      A. 7,0      C. 8,0       E. 9,0
      B. 7,5      D. 8,5

MATERI :
§ Derajat ionisasi dan tetapan asam dan tetapan basa




INDIKATOR
Siswa dapat menghitung pH larutan asam lemah.

STANDAR KOMPETENSI
Memahami  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.

SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
NO SOAL : 8
KUNCI JAWABAN : C
KOMPETENSI DASAR
.1 Mendeskripsikan teori-teori asam basa 4dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.

. Larutan 0,I M dibawah ini mempunyai   
    pH paling tinggi adalah…..
     A. NaCl                    D. CH3COOH
     B. K2SO4                 E. NH4NO3
     C. CH3COONa

§ MATERI :
§ Derajat Keasaman (pH)


INDIKATOR
Siswa dapat menghitung suatu larutan yang paling tinggi.

STANDAR KOMPETENSI
Memahami  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.

SUMBER :
NO SOAL :  9
KUNCI JAWABAN : C
KOMPETENSI DASAR
4.1 Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.

. Pada reaksi HCl + H2O → H3O+  + Cl-   , pasangan yang merupakan asam adalah ..
     A. HCl dan Cl -           D. H3O+ dan Cl- 
    B. HCl dan H3O+    E. H2O dan Cl-
    C. H2O dan H3O+

§ MATERI                                       Teori Asam Basa

INDIKATOR
Siswa dapat menentukan pasangan asam basa menurut Brnsted-Lowry.

STANDAR KOMPETENSI
Memahami  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.

SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
NO SOAL :  10
KUNCI JAWABAN : A
KOMPETENSI DASAR
4.4 Menentukan jenis garam yang mengalami hidrolisis dalam air dan pH larutan garam tersebut. 4.4 Menentukan jenis garam yang mengalami hidrolisis dalam air dan pH larutan garam tersebut.

. Jika  Kb NH4OH = 10-5, maka larutan garam NH4Cl 0,1 M mempunyai pH….
     A. 5                        D. 8
     B. 6                        E. 9
     C. 7


§ MATERI:                                       pH larutan garam yang terhidrolisis
INDIKATOR
Siswa dapat menghitung garam.

STANDAR KOMPETENSI
Memahami  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
NO SOAL :  11
KUNCI JAWABAN : A
KOMPETENSI DASAR
4.1.   Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan4.1 Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan
Menurut teori Asam basa Bronsted-Lowry, H2O akan bersifat…
      A. Asam terhadap NH3
      B. Asam terhadap HCl
      C. Asam terhadap CH3COOH
      D. Basa terhadap NH3
      E. Asam terhadap H2S

§ MATERI                                       Teori Asam Basa

INDIKATOR
Siswa dapat menentukan teori dari Asam basa Bronsted-Lowry.


STANDAR KOMPETENSI
STANDAR KOMPETENSI
Memahami  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya
.
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
NO SOAL :  12
KUNCI JAWABAN : E
KOMPETENSI DASAR
4.4 Menentukan jenis garam yang mengalami hidrolisis dalam air dan pH larutan garam tersebut

 Hidrolisis tidak terjadi pada larutan.
      A. CH3COONa         D. (NH4)2SO4
      B. NH4Cl                  E. K2SO4
      C. CH3COONH4

§ Sifat garam yang terhidrolisis

INDIKATOR
Siswa dapat menentukan suatu senyawa yang tidak dapat terhidrolisis.


STANDAR KOMPETENSI
Memahami  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.

SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
NO SOAL :  13
KUNCI JAWABAN : A
KOMPETENSI DASAR
.1 Mendeskripsikan teori-teori asam basa 4dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.


 Konsentrasi ion Hidrogen  dalam  larutan yang pH nya
   = 3 – log 2 adalah
A.      2 x 10-3                D. 0,0001 M
B.      2 x 10-2                E. 0,003 M
C.      3 x 10-3


MATERI :
§ Derajat Keasaman (pH)

INDIKATOR
Siswa dapat mengitung pH dari [ H+]


STANDAR KOMPETENS
. Memahami  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
NO SOAL :  14
KUNCI JAWABAN : C
KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan
. Jika pH larutan 0,01 M suatu asam le
     mah HA adalah 3,5, maka Ka adalah
A.      2 x 10-3 
B.      1 x 10-3           D. 1 x 10-8 
C.      1 x 10-5           E. 1 x 10-7 

MATERI
§ Derajat ionisasi dan tetapan asam dan tetapan basa

INDIKATOR
Siswa dapat menghitung harga Ka suatu asam  lemah.


STANDAR KOMPETENS
. Memahami  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
NO SOAL :  15
KUNCI JAWABAN : E
KOMPETENSI DASAR
4.3 Mendeskripsikan sifat larutan penyangga dan peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup
Pernyataan berikut yang tidak benar
     mengenai larutan penyangga ….
A.       Memiliki pH yang konstan
B.      pH nya tidak berubah
C.      pH nya tidak dipengaruhi oleh pengenceran.
D.      pH selalu = pKa dan pKw
E.       pH tidak dipengaruhi oleh CO2 di udara.

MATERI
§ Larutan penyangga

INDIKATOR
Siswa dapat menentukan pernyataan yang benar tentang larutan penyangga.


STANDAR KOMPETENS
 Memahami  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
NO SOAL :  16
KUNCI JAWABAN : C
KOMPETENSI DASAR
4.6 Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip  kelarutan dan hasil kali kelarutan.

Diketahui :
       Ksp AgCN        =  1,2 x 10-16 mol/l
       Ksp  Mg(OH)2  =  1,2 x 10-12 mol/l              
       Ksp AgIO3       =  4 x 10-12 mol/l
       Ksp Mn(OH)2 =  1,9 x 10-13 mol/l
       Ksp AgBr         =  5 x 10-13 mol/l
       Dari data diatas, senyawa yang paling
      benar kelarutannya dalam air adalah..
A.      AgCN         D. Mn(OH)2
B.      Mg(OH)2       E. AgBr
C.      AgIO3

MATERI
Kelarutan dan Hasil Kali Kelaruta
INDIKATOR
Siswadapat menentukan  senyawa yang paling besar kelarutannya.


STANDAR KOMPETENSI
Memahami  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
NO SOAL :  17
KUNCI JAWABAN : C
KOMPETENSI DASAR
4.6 Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip  kelarutan dan hasil kali kelarutan.

. Jika konsentrasi Ca2+ dalam larutan
     Jenuh CaF2 = 2 x 10-4 mol/l, maka
     Hasil kali kelarutan CaF2 adalah..
A.      8,0 x 10-8      
B.      3,2 x 10-11
C.      1,6 x 10-11
D.      2,0 x 10-12
E.       4,0 x 10-12

MATERI
Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan
INDIKATOR SOAL
Siswa dapat menghitng Ksp



STANDAR KOMPETENSI
Memahami  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
NO SOAL :  18
KUNCI JAWABAN : E
KOMPETENSI DASAR
4.6 Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip  kelarutan dan hasil kali kelarutan.

Jika kelarutan CaF2 dalam air = s mol/l, maka nilai Ksp garam ini
A.      ¼ s3              D. 2 s3
B.      ½ s3              E . 4 s3 
C.      s3


MATERI
Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan
INDIKATOR SOAL
Siswa dapat menghitng Ksp



STANDAR KOMPETENSI
Memahami  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL Kimia XI DIKNAS SUMSEL
NO SOAL :  19
KUNCI JAWABAN : A
KOMPETENSI DASAR
4.6 Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip  kelarutan dan hasil kali kelarutan.

.Kelarutan Ag3PO4 dalam air adalah a mol/l, hasil kali kelarutan
   adalah..
A.      27 a4        D. 9 a3
B.      3 a3          E. 32 a3
C.      a4

MATERI
Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan
INDIKATOR SOAL
Siswa dapat menghitng Ksp



STANDAR KOMPETENSI
Memahami  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
NO SOAL :  20
KUNCI JAWABAN : A
KOMPETENSI DASAR
4.6 Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip  kelarutan dan hasil kali kelarutan.

. Larutan jenuh senyawa hidrosida
      M(OH)3 mempunyai pH=9,0
      harga Ksp senyawa ini adalah
A.               3,3 x 10-21    D. 3,0 x 10-36
B.                3,0 x 10-20    E. 3,3 x 10-37
C.      1,0 x 10-10

MATERI
 Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan
Indikator
Siswa dapat menghitng Ksp



STANDAR KOMPETENSI
5. Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
NO SOAL :  21
KUNCI JAWABAN : D
KOMPETENSI DASAR
5.2. Mengelompokkan sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
. Hal hal berikut merupakan ciri-ciri sis
     tem koloid, kecuali…
A.      Tidak dapat disaring
B.      Stabil ( tidak memisah )
C.      Terdiri dari 2 fase
D.      Homogen
E.       Menghamburkan cahaya

MATERI :
§ Sistem koloid


INDIKATOR
Siswa dapat memilih  ciri system koloid.


STANDAR KOMPETENSI
5. Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
NO SOAL : 22
KUNCI JAWABAN : .B                                   Yang bukan merupakan system koloid
     A. Lateks              D. Agar-agar
     B. Air sadah          E. Buih sabun
     C. Asap 


STANDAR KOMPETENSI
5. Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL Kimia XI DIKNAS SUMSEL
NO SOAL : 23
KUNCI JAWABAN : D
KOMPETENSI DASAR
5.2. Mengelompokkan sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Dispersi zat cair atau zat padat dalam
     gas disebut ….
A.      Sol                  D. Aerosol
B.      Emulsi            E. Suspensi
C.      Buih

MATERI
§ Sifat koloid


INDIKATOR SOAL
Siswa dapat  memilih system koloid


STANDAR KOMPETENSI
5. Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL
NO SOAL : 24
KUNCI JAWABAN : D
KOMPETENSI DASAR
5.2. Mengelompokkan sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Buih dalam system dispersi terjadi pa
     da keadaan ……
A.      Zat padat terdispersi dalam zat cair
B.      Zat cair terdispersi dalam gas
C.      Gas terdispersi dalam zat padat
D.      Gas terdispersi dalam zat cair
E.       Zat cair terdispersi dalam zat cair

MATERI
§ Sifat koloid

INDIKATOR SOAL
Siswa dapat  memilih system koloid


STANDAR KOMPETENSI
5. Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL Kimia XI DIKNAS SUMSEL
NO SOAL :  25
KUNCI JAWABAN : C
KOMPETENSI DASAR
5.2. Mengelompokkan sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Mutiara adalah system koloid …
     A. Padat dalam gas    D. Gas dalam cair
     B Cair dalam gas     E. Gas dalam padat
    C. Cair dalam padat.

MATERI
§ Sifat koloid

INDIKATOR SOAL

Siswa dapat  memilih system koloid pada mutiara.




Mengetahui                                                                                          Tanjung Raja,                Mei 2015
Kepala SMAN 3 Tg Raja                                                                        Guru Mata Pelajaran   



Drs Thohir Hamidi,M.Si                                                                         Hj. Fadilah.M.Zen, S.Pd
Pembina                                                                                                   NIP 195709241982032007
NIP 196510291995121001

                             

No comments:

Post a Comment