KISI KISI SOAL
Jenis  Sekolah    :  SMA Negeri 3 Tanjung Raja            Alokasi
waktu   :            Menit.                               
Mata
Pelajaran  : Kimia                                               Jumlah soal         20 soal PG, 5 soal essay 
Kurikulum           : KTSP                                            Bentuk
soal                : Pilihan ganda - ess         
Ulangan               : 
Ujian Akhir Semester                              Diujikan
tanggal :                             
| 
No | 
Kompetensi Dasar | 
Bahan kelas/ sem | 
Materi | 
Nomor soal | 
| 
1 
2.     
3.  
4.  
5.  | 
Mendeskripsikan teori-teori asam basa
  dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.  
Menentukan jenis garam
  yang mengalami hidrolisis dalam air dan pH larutan garam tersebut. 
 Mendeskripsikan sifat larutan penyangga dan
  peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup 
 Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu
  reaksi berdasarkan prinsip  kelarutan
  dan hasil kali kelarutan. 
. Mengelompokkan
  sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | 
XI/2 | 
§  Teori Asam
  Basa 
§ : Hidrolisis
  garam                                                                       
   
§ Sifat garam
  yang terhidrolisis 
§ Larutan
  penyangga 
Kelarutan
  dan Hasil Kali Kelarutan 
§ Sistem
  koloid 
§ Sifat koloid | 
1,2,4,5,6,8,9,11,13,14 
5 ( essay ) 
3,12 
4 ( essay ) 
7,10,15 
3 ( essay ) 
16,17,18,19,20 
2  (essay 
  ) 
21,22,23,24,25 
1 ( essay ) | 
|  |  |  |  |  | 
KARTU
SOAL PILIHAN GANDA
Nama Sekolah                 :
SMA Negeri 3 Tanjung Raja
Tahun Pelajaran               :
2014/2015
Mata Pelajaran                 :
Kimia
Kelas/Semester                :
XI/ genap
| STANDAR KOMPETENSI
Memahami 
  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya. | 
SUMBER :  Kimia XI DIKNAS SUMSEL | 
| 
NO SOAL : 1 | |
| 
KUNCI JAWABAN : B | |
| 
KOMPETENSI DASAR:  
 Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan
  menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.  | 
RUMUSAN SOAL 
1.        
  Diantara pernyataan berikut
  yang kurang tepat tentang asam adalah : 
A.     
  Mempunyai rasa masam 
B.     
  Tergolong elektrolit. 
C.     
  Korosif 
D.     
  Dapat menetralkan basa 
E.      
  Mempunyai pH < 7 | 
| 
§ MATERI : Teori Asam Basa | |
| 
INDIKATOR SOAL 
Siswa dapat memilih 
  pernyataan yang bersifat asam | 
| STANDAR KOMPETENSI
Memahami 
  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya. | 
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL | 
| 
NO SOAL : 2 | |
| 
KUNCI JAWABAN : C | |
| 
KOMPETENSI DASAR:  
 Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan
  menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.  | 
RUMUSAN SOAL 
2.        
  Lakmus biru akan menjadi
  merah apabila di celupkan dalam larutan …. 
A. NaOH              D. K2SO4 
B. Ba(NO3)2         E. CaCl2 
C. (NH4)2SO4 | 
| 
§ MATERI : Sifat larutan asam dan basa. | |
| 
INDIKATOR SOAL 
Siswa dapat menentukan larutan yang bersifat asam. | |
| STANDAR KOMPETENSI
Memahami 
  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya. | 
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL | 
| 
NO SOAL : 3 | |
| 
KUNCI JAWABAN : C | |
| 
KOMPETENSI DASAR:  
 Menentukan jenis garam yang mengalami
  hidrolisis dalam air dan pH larutan garam tersebut. | 
RUMUSAN SOAL 
. 3. Garam berikut yang mengalami Hidrolisis sebagian dan besifat asam  adalah : 
      A. (NH4)2CO3
        D. Na2SO4 
      B. CH3COOH        E. (CH3COO)Ca 
      C. (NH4)2SO4 | 
| 
§ MATERI : Hidrolisis garam 
§ Sifat garam yang terhidrolisis | |
| 
INDIKATOR SOAL | |
| 
Siswa dapat memilih garam yang dapat mengalami
  hidrolisis dan bersifat asam. | 
| 
STANDAR KOMPETENSI 
Memahami 
  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya. | 
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL | 
| 
NO SOAL : 4 | |
| 
KUNCI JAWABAN : A | |
| 
KOMPETENSI DASAR 
     Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat
  larutan dan menghitung pH larutan.  | 
Jika 10 ml larutan NaOH 0,1 M diencerkan sampai volume 1000 ml,
  maka pH larutan yang terjadi adalah..  
         A. Turun 2          
         B. Naik 2 
         C. Turun 1 
         D. Naik 1 
         E. Tetap | 
| 
§ MATERI :  Derajat Keasaman
  (pH) | |
| 
INDIKATOR 
Siswa dapat menghitung pH larutan  dengan pengenceran. | 
| 
STANDAR KOMPETENSI 
Memahami 
  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya. | 
SUMBER ; Kimia XI DIKNAS SUMSEL | 
| 
NO SOAL : 5 | |
| 
KUNCI JAWABAN : A | |
| 
KOMPETENSI DASAR 
Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat
  larutan dan menghitung pH larutan | 
Besarnya pH larutan 0,74 gram Ca(OH)2( Ar Ca = 40, O =
  16 dan H = 1) dalam 500 ml larutan adalah … 
      A. 2- log 4           D. 12 – log 4            
      B. 2 + log 4          E.12 + log 4 
      C. 11 + log 4 | 
| 
§ MATERI : Derajat Keasaman (pH) | |
| 
INDIKATOR 
Siswa dapat menghitung pH larutan basa kuat. | 
| 
STANDAR KOMPETENSI 
Memahami 
  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya. | 
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL | 
| 
NO SOAL : 6 | |
| 
KUNCI JAWABAN : A | |
| 
KOMPETENSI DASAR 
Mendeskripsikan teori-teori asam basa
  dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan | 
pH larutan asam etanoat 0,3 M (Ka = 2x10-5) adalah … 
      A. 3 – log 2          D. 2 – log 2   
      B. 1 – log 2          E. 5 – log 2 
      C. 4 – log 4  | 
| 
MATERI :  
§ Derajat ionisasi dan tetapan asam dan tetapan basa | |
| 
INDIKATOR 
Siswa dapat menghitung pH larutan asam lemah. | 
| 
STANDAR KOMPETENSI 
Memahami 
  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya. | 
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL | 
| 
NO SOAL : 7 | |
| 
KUNCI JAWABAN : D | |
| 
KOMPETENSI DASAR 
4.1 Mendeskripsikan teori-teori asam
  basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.  | 
. Jika tetapan asam lemah CH3COOH =10-5,
  maka pH larutan CH3COONa 0,01 M adalah ; 
      A. 7,0      C. 8,0       E. 9,0  
      B. 7,5      D. 8,5 | 
| 
MATERI :  
§ Derajat ionisasi dan tetapan asam dan tetapan basa |  | 
|  |  | 
| 
INDIKATOR 
Siswa dapat menghitung pH larutan asam lemah. | 
| 
STANDAR KOMPETENSI 
Memahami 
  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya. | 
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL | 
| 
NO SOAL : 8 | |
| 
KUNCI JAWABAN : C | |
| 
KOMPETENSI DASAR 
.1 Mendeskripsikan teori-teori asam basa
  4dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.  | 
. Larutan 0,I M dibawah ini
  mempunyai     
    pH paling tinggi adalah….. 
     A. NaCl                    D. CH3COOH 
     B. K2SO4                 E. NH4NO3  
     C. CH3COONa | 
| 
§ MATERI :  
§ Derajat Keasaman (pH) | |
| 
INDIKATOR  
Siswa dapat menghitung suatu larutan yang paling
  tinggi. | 
| 
STANDAR KOMPETENSI 
Memahami 
  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya. | 
SUMBER :  | 
| 
NO SOAL :  9 | |
| 
KUNCI JAWABAN : C | |
| 
KOMPETENSI DASAR 
4.1 Mendeskripsikan teori-teori asam
  basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.  | 
. Pada reaksi HCl + H2O → H3O+  + Cl-   , pasangan yang merupakan asam adalah .. 
     A. HCl
  dan Cl -           D. H3O+
  dan Cl-   
    B. HCl dan H3O+    E. H2O dan Cl- 
    C. H2O dan H3O+ | 
| 
§ MATERI                                       Teori Asam Basa | |
| 
INDIKATOR  
Siswa dapat menentukan pasangan asam basa menurut
  Brnsted-Lowry. | 
| 
STANDAR KOMPETENSI 
Memahami 
  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya. | 
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL | 
| 
NO SOAL :  10 | |
| 
KUNCI JAWABAN : A | |
| 
KOMPETENSI DASAR 
4.4 Menentukan jenis garam yang
  mengalami hidrolisis dalam air dan pH larutan garam tersebut. 4.4 Menentukan
  jenis garam yang mengalami hidrolisis dalam air dan pH larutan garam
  tersebut. | 
. Jika  Kb NH4OH
  = 10-5, maka larutan garam NH4Cl 0,1 M mempunyai pH…. 
     A. 5                        D. 8 
     B. 6                        E. 9 
     C. 7 | 
| 
§ MATERI:                                       pH larutan
  garam yang terhidrolisis | |
| 
INDIKATOR 
Siswa dapat menghitung garam. | 
| 
STANDAR KOMPETENSI 
Memahami 
  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya | 
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL | 
| 
NO SOAL :  11 | |
| 
KUNCI JAWABAN : A | |
| 
KOMPETENSI DASAR 
4.1. 
   Mendeskripsikan
  teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH
  larutan4.1 Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat
  larutan dan menghitung pH larutan | 
Menurut teori Asam basa Bronsted-Lowry, H2O akan
  bersifat… 
      A. Asam terhadap NH3 
      B. Asam terhadap HCl 
      C. Asam terhadap CH3COOH 
      D. Basa terhadap NH3 
      E. Asam terhadap H2S | 
| 
§ MATERI                                       Teori Asam Basa | |
| 
INDIKATOR 
Siswa dapat menentukan teori dari Asam basa
  Bronsted-Lowry. | 
| 
STANDAR KOMPETENSI 
STANDAR KOMPETENSI 
Memahami 
  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya 
. | 
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL | 
| 
NO SOAL :  12 | |
| 
KUNCI JAWABAN : E | |
| 
KOMPETENSI DASAR 
4.4 Menentukan jenis garam yang
  mengalami hidrolisis dalam air dan pH larutan garam tersebut | 
 Hidrolisis tidak terjadi pada larutan. 
      A. CH3COONa         D. (NH4)2SO4 
      B. NH4Cl                  E. K2SO4 
      C. CH3COONH4 | 
| 
§ Sifat garam yang terhidrolisis | |
| 
INDIKATOR 
Siswa dapat menentukan suatu senyawa yang tidak
  dapat terhidrolisis. | 
| 
STANDAR KOMPETENSI 
Memahami 
  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya. | 
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL | 
| 
NO SOAL :  13 | |
| 
KUNCI JAWABAN : A | |
| 
KOMPETENSI DASAR 
.1 Mendeskripsikan teori-teori asam basa
  4dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.  | 
 Konsentrasi ion Hidrogen  dalam 
  larutan yang pH nya 
   = 3 – log 2 adalah 
A.     
  2 x 10-3                D. 0,0001 M 
B.     
  2 x 10-2                E. 0,003 M 
C.     
  3 x 10-3 | 
| 
MATERI :  
§ Derajat Keasaman (pH) | |
| 
INDIKATOR 
Siswa dapat mengitung pH dari [ H+] | 
| 
STANDAR KOMPETENS 
. Memahami  sifat-sifat larutan
  asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya | 
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL | 
| 
NO SOAL :  14 | |
| 
KUNCI JAWABAN : C | |
| 
KOMPETENSI DASAR 
Mendeskripsikan teori-teori asam basa
  dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan | 
. Jika pH larutan 0,01 M suatu
  asam le 
     mah HA adalah 3,5, maka Ka adalah 
A.     
  2 x 10-3   
B.     
  1 x 10-3           D. 1 x 10-8   
C.     
  1 x 10-5           E. 1 x 10-7   | 
| 
MATERI 
§ Derajat ionisasi dan tetapan asam dan tetapan basa | |
| 
INDIKATOR 
Siswa dapat menghitung harga Ka suatu asam  lemah. | 
| 
STANDAR KOMPETENS 
. Memahami  sifat-sifat larutan
  asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya | 
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL | 
| 
NO SOAL :  15 | |
| 
KUNCI JAWABAN : E | |
| 
KOMPETENSI DASAR 
4.3 Mendeskripsikan sifat larutan
  penyangga dan peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup | 
Pernyataan berikut yang tidak
  benar  
     mengenai larutan penyangga …. 
A.     
   Memiliki pH yang konstan 
B.     
  pH nya tidak berubah 
C.     
  pH nya tidak dipengaruhi oleh
  pengenceran. 
D.     
  pH selalu = pKa dan pKw 
E.      
  pH tidak dipengaruhi oleh CO2
  di udara. | 
| 
MATERI 
§ Larutan penyangga | |
| 
INDIKATOR 
Siswa dapat menentukan pernyataan yang benar tentang
  larutan penyangga.  | 
| 
STANDAR KOMPETENS 
 Memahami  sifat-sifat larutan asam-basa, metode
  pengukuran, dan terapannya | 
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL | 
| 
NO SOAL :  16 | |
| 
KUNCI JAWABAN : C | |
| 
KOMPETENSI DASAR 
4.6 Memprediksi terbentuknya endapan
  dari suatu reaksi berdasarkan prinsip 
  kelarutan dan hasil kali kelarutan. | 
Diketahui : 
       Ksp AgCN        = 
  1,2 x 10-16 mol/l 
       Ksp 
  Mg(OH)2  =  1,2 x 10-12 mol/l                
       Ksp AgIO3       = 
  4 x 10-12 mol/l 
       Ksp Mn(OH)2 =  1,9 x 10-13 mol/l 
       Ksp AgBr         = 
  5 x 10-13 mol/l 
       Dari data diatas, senyawa yang paling  
      benar kelarutannya dalam air adalah.. 
A.     
  AgCN         D. Mn(OH)2 
B.     
  Mg(OH)2       E. AgBr 
C.     
  AgIO3 | 
| 
MATERI 
Kelarutan dan Hasil Kali Kelaruta | |
| 
INDIKATOR 
Siswadapat menentukan  senyawa yang paling besar kelarutannya. | 
| 
STANDAR KOMPETENSI 
Memahami 
  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya | 
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL | 
| 
NO SOAL :  17 | |
| 
KUNCI JAWABAN : C | |
| 
KOMPETENSI DASAR 
4.6 Memprediksi terbentuknya endapan
  dari suatu reaksi berdasarkan prinsip 
  kelarutan dan hasil kali kelarutan. | 
. Jika konsentrasi Ca2+
  dalam larutan  
     Jenuh CaF2 = 2 x 10-4
  mol/l, maka 
     Hasil kali kelarutan CaF2
  adalah.. 
A.     
  8,0 x 10-8        
B.     
  3,2 x 10-11 
C.     
  1,6 x 10-11 
D.     
  2,0 x 10-12 
E.      
  4,0 x 10-12 | 
| 
MATERI 
Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan | |
| 
INDIKATOR SOAL 
Siswa dapat menghitng Ksp | 
| 
STANDAR KOMPETENSI 
Memahami  sifat-sifat
  larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya | 
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL | 
| 
NO SOAL :  18 | |
| 
KUNCI JAWABAN : E | |
| 
KOMPETENSI DASAR 
4.6 Memprediksi terbentuknya endapan
  dari suatu reaksi berdasarkan prinsip 
  kelarutan dan hasil kali kelarutan. | 
Jika kelarutan CaF2
  dalam air = s mol/l, maka nilai Ksp garam ini 
A.     
  ¼ s3              D. 2 s3 
B.     
  ½ s3              E . 4 s3   
C.     
  s3 | 
| 
MATERI 
Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan | |
| 
INDIKATOR SOAL 
Siswa dapat menghitng Ksp | 
| 
STANDAR KOMPETENSI 
Memahami 
  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya | 
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL Kimia XI DIKNAS
  SUMSEL | 
| 
NO SOAL :  19 | |
| 
KUNCI JAWABAN : A | |
| 
KOMPETENSI DASAR 
4.6 Memprediksi terbentuknya endapan
  dari suatu reaksi berdasarkan prinsip  kelarutan
  dan hasil kali kelarutan. | 
.Kelarutan Ag3PO4
  dalam air adalah a mol/l, hasil kali kelarutan 
   adalah.. 
A.     
  27 a4        D. 9 a3 
B.     
  3 a3          E. 32 a3 
C.     
  a4  | 
| 
MATERI 
Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan | |
| 
INDIKATOR SOAL 
Siswa dapat menghitng Ksp | 
| 
STANDAR KOMPETENSI 
Memahami 
  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya | 
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL | 
| 
NO SOAL :  20 | |
| 
KUNCI JAWABAN : A | |
| 
KOMPETENSI DASAR 
4.6 Memprediksi terbentuknya endapan
  dari suatu reaksi berdasarkan prinsip  kelarutan
  dan hasil kali kelarutan. | 
. Larutan jenuh senyawa
  hidrosida 
      M(OH)3 mempunyai pH=9,0 
      harga Ksp senyawa ini adalah 
A.              
  3,3 x 10-21    D. 3,0 x 10-36 
B.               
  3,0 x 10-20    E. 3,3 x 10-37 
C.     
  1,0 x 10-10 | 
| 
MATERI 
 Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan | |
| 
Indikator 
Siswa dapat menghitng Ksp | 
| 
STANDAR KOMPETENSI 
5. Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta
  penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. | 
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL | 
| 
NO SOAL :  21 | |
| 
KUNCI JAWABAN : D | |
| 
KOMPETENSI DASAR 
5.2. Mengelompokkan sifat-sifat koloid
  dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | 
. Hal hal berikut merupakan ciri-ciri
  sis 
     tem koloid, kecuali… 
A.     
  Tidak dapat disaring 
B.     
  Stabil ( tidak memisah ) 
C.     
  Terdiri dari 2 fase 
D.     
  Homogen 
E.      
  Menghamburkan cahaya | 
| 
MATERI :  
§ Sistem koloid | |
| 
INDIKATOR 
Siswa dapat memilih 
  ciri system koloid. | 
| 
STANDAR KOMPETENSI 
5. Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan
  sehari-hari. | 
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL | 
| 
NO SOAL : 22 | |
| 
KUNCI JAWABAN : .B                                   Yang bukan merupakan system koloid 
     A. Lateks              D. Agar-agar 
     B. Air sadah          E. Buih sabun 
     C.
  Asap   | 
| 
STANDAR KOMPETENSI 
5. Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan
  sehari-hari. | 
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL Kimia XI DIKNAS
  SUMSEL | 
| 
NO SOAL : 23 | |
| 
KUNCI JAWABAN : D | |
| 
KOMPETENSI DASAR 
5.2.
  Mengelompokkan sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan
  sehari-hari | 
Dispersi zat cair atau zat padat
  dalam 
     gas disebut …. 
A.     
  Sol                  D. Aerosol 
B.     
  Emulsi            E. Suspensi 
C.     
  Buih | 
| 
MATERI 
§ Sifat koloid | |
| 
INDIKATOR SOAL 
Siswa dapat 
  memilih system koloid  | 
| 
STANDAR KOMPETENSI 
5. Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan
  sehari-hari. | 
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL | 
| 
NO SOAL : 24 | |
| 
KUNCI JAWABAN : D | |
| 
KOMPETENSI DASAR 
5.2. Mengelompokkan
  sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | 
Buih dalam system dispersi
  terjadi pa 
     da keadaan …… 
A.     
  Zat padat terdispersi dalam zat
  cair 
B.     
  Zat cair terdispersi dalam
  gas 
C.     
  Gas terdispersi dalam zat
  padat 
D.     
  Gas terdispersi dalam zat
  cair 
E.      
  Zat cair terdispersi dalam
  zat cair | 
| 
MATERI 
§ Sifat koloid | |
| 
INDIKATOR SOAL 
Siswa dapat 
  memilih system koloid | 
| 
STANDAR KOMPETENSI 
5. Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan
  sehari-hari. | 
SUMBER : Kimia XI DIKNAS SUMSEL Kimia XI DIKNAS
  SUMSEL | 
| 
NO SOAL :  25 | |
| 
KUNCI JAWABAN : C | |
| 
KOMPETENSI DASAR 
5.2.
  Mengelompokkan sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan
  sehari-hari | 
Mutiara adalah system koloid … 
     A. Padat dalam gas    D. Gas dalam cair 
     B Cair dalam gas     E. Gas dalam padat 
    C. Cair dalam padat. | 
| 
MATERI 
§ Sifat koloid | |
| 
INDIKATOR SOAL | 
Siswa dapat 
  memilih system koloid pada mutiara. | 
Mengetahui                                                                                         
Tanjung Raja,                Mei
2015
Kepala SMAN 3 Tg Raja                                                                       
Guru Mata Pelajaran    
Drs Thohir Hamidi,M.Si                                                                        
Hj. Fadilah.M.Zen, S.Pd
Pembina                                                                                                  
NIP 195709241982032007
NIP 196510291995121001
 
No comments:
Post a Comment