KISI – KISI SOAL UJIAN SEMESTER
Nama Sekolah :
SMA Negeri 3 Tanjung Raja Kurikulum Acuan : KTSP
Tahun Pelajaran :
2014/2015 Alokasi Waktu : 90 Menit
Mata Pelajaran :
Biologi Jumlah
Soal : 30 Butir
Kelas/Semester : X/2 Bentuk
Soal : Ganda &
Uraian
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
|
Uraian Materi
|
Indikator
|
Bobot soal
|
No. Soal
|
Bentuk
Soal
|
|
3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati |
3.1.
Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan
dan peranannya bagi kelangsungan hidup di Bumi
|
Dunia Tumbuhan
|
Disajikan data cirri tumbuhan siswa dapat menentukan
cirri-ciri tumbuhan paku
|
1,25
|
1
|
Pilihan Ganda
|
|
Disajikan gambar metagenesis lumut siswa dapat
menunjukkan tahapan tahapan metagenesis lumut
|
1,25
|
2
|
Pilihan Ganda
|
|||
|
Disajikan gambar daur metagenesis paku siswa dapat
menunjukkan gambar yang disebut protalium
|
1,25
|
3
|
Pilihan Ganda
|
|||
|
Disajikan data fase-fase perkembanganbiakan tanmana
kormofita berspora siswa dapat menuliskan fase metagenesis tumbuhan paku
secara berurutan
|
1,25
|
4
|
Pilihan Ganda
|
|||
|
siswa dapat membedakan cirri cirri Bryophyta dengan
Pteridophyta
|
1,25
|
5
|
Pilihan Ganda
|
|||
|
Disajikan data cirri-ciri tumbuhan siswa dapat
menunjukkanciri-ciri Gymnospermae
|
1,25
|
6
|
Pilihan Ganda
|
|||
|
Siswa dapat menuliskan 2 perbedaan tumbuhan lumut
dan tumbuhan paku
|
10
|
1 essay
|
Essay
|
|||
|
3.2.
Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam Dunia Hewan dan
peranannya bagi kehidupan
|
Dunia Hewan (Avertebrata)
|
Disajikan data gambar daur hidup Coelenterata siswa
dapat menunjukkan fase reperoduksi generative
|
1,25
|
7
|
|
|
|
|
3.3.
|
Siswa dapat menyebutkan 8 Filum Avertebrata secara
beururtan
|
10
|
2 Essay
|
Essay
|
|
|
|
|
Siswa dapat menuliskan nama larva Fasciola hepatica yang berkembang di
tubuh siput
|
1,25
|
8
|
Pilihan Ganda
|
|
|
(Vertebrata)
|
Disajikan data ciri-ciri hewan siswa dapat
menunjukkan cirri kelompok mamalia
|
1,25
|
9
|
Pilihan Ganda
|
||
|
Disajikan data karakteristk hewan vertebrata siswa
dapat menunjukkan ciri kelompok aves
|
1,25
|
10
|
Pilihan Ganda
|
|||
|
Menganalisis hubungan
antara komponen ekosistem,
perubahan materi dan
energi serta peranan manusia
dalam keseimbangan ekosistem. |
4.1. Mendeskripsikan peran komponan
ekosistem dalam aliran energi dan daur
biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan
|
Berbagai interaksi dalam ekosistem
|
Siswa dapat menyebutkan nama organism yang berperan
sebagai pengurai
|
1,25
|
11
|
Pilihan Ganda
|
|
Siklus materi dan aliran energi
|
Siswa dapat menyebutkan letak energgi tertingi pada
rantai makanan
|
1,25
|
`12
|
Pilihan Ganda
|
||
|
Siswa dapat menyebutkan organism yang berperan
mengubah energy cahaya matahari menhjadi energy kimia
|
1,25
|
13
|
Pilihan Ganda
|
|||
|
Siswa dapat menyebutkan organism yang berperan
mengubah energy cahaya matahari menhjadi energy kimia
|
1,25
|
14
|
Pilihan Ganda
|
|||
|
Siswa dapat menyebutkan organism yang berperan
meperoleh energy paling tinggi
|
1,25
|
15
|
Pilihan Ganda
|
|||
|
Siswa dapat menyebutkan aliran eneri dalam rantai
makanan
|
1,25
|
16
|
Pilihan Ganda
|
|||
|
|
Daur Biogeokimia
|
Siswa dapat menyebutkan proses yang terjadi pada
siklus Nitrogen
|
1,25
|
17
|
Pilihan Ganda
|
|
|
Siswa dapat menyebutkan proses yang terjadi pada
daur karbon
|
1,25
|
18
|
Pilihan Ganda
|
|||
|
Sswa dapat menyebutkan tingkatan tropi pada rantai
makanan
|
1,25
|
19
|
Pilihan Ganda
|
|||
|
Siswa dapat menuliskan 1 contoh rantai makanan tipe
perumput dan parasit
|
10
|
3 Essay
|
Essay
|
|||
Suksesi
|
Diberikan sejumlah informasi siwa dapat menyebutkan
arti suksesi primer
|
1,25
|
20
|
Pilihan Ganda
|
|||
|
|
Siswa dapat menyebutkan perbedaa suksesi primer dan
sekunder
|
10
|
4 Essay
|
Essay
|
||
4.2.
Menjelaskan keterkaitan antara kegiata manusia dngan
masalah kerusakan/ pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan
|
Aktivitas manusia yang berdampak pada keseimbangan
ekosistem
|
Siswa dapat menyebutkan dampak yang diakibatkan oleh
hujan asam
|
1,25
|
21
|
Pilihan Ganda
|
||
Disajikan sejumlah data gejala perubahan lingkungan
karena factor manusia siswa dapat menyebutkan dampak perubahan lingkungan
yang terjadi karena penebangan hutan
|
1,25
|
22
|
Pilihan Ganda
|
||||
Siswa dapat menyebutkan dampak pemanasan global
|
1,25
|
23
|
Pilihan Ganda
|
||||
Siswa dapat menyebutkan usaha yang dapat dilakukan
untuk menanggulangi efek rumah kaca
|
1,25
|
24
|
Pilihan Ganda
|
||||
Siswa dapat menyebutkan aktivitas manusia yang dapat
menimbulkan gangguan keseimbangan lingkungan
|
1,25
|
25
|
Pilihan Ganda
|
||||
|
Siswa dapat menjelaskan terjadinya efek rumah kaca
|
10
|
5 Essay
|
Essay
|
No comments:
Post a Comment